Senin, 13 Januari 2014

BINTEK PENINGKATAN KARIER PTK MELALUI MGMP IPA-2 (FISIKA SMP)


Dalam rangka meningkatkan karier guru-guru mata pelajaran IPA khususnya IPA-2 (Fisika) SMP Kota Surakarta maka MGMP IPA-2 yang diketuai oleh Drs Sriyatno, M.Pd (guru SMP Negeri 20 Surakarta) dengan pembina Nugroho, S.Pd,M.Pd (Kepala SMP Negeri 8 Surakarta) mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan karier PTK dengan pola 80 jam selama 16 x pertemuan. Bintek ini terlaksana berkat bantuan dana dari Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Kemdikbud Jakarta sebesar Rp 28 juta (dua puluh delapan juta rupiah).
Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 16 x pertemuan dibuka pada hari Sabtu, 19 Oktober 2013 oleh Kasi PTK Dinas Dikpora Kota Surakarta, Tri Budi Santosa, S.Pd, M.M. Kegiatan sebanyak 16 x pertemuan dilaksanakan setiap hari Sabtu, pukul 08.00 – 13.15 WIB dan hari Selasa, pukul 13.00 – 17.00 WIB.
Materi pada pertemuan pertama adalah Sosialisasi Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Drs Supraptono, M.Pd selaku Pengawas Dinas Dikpora Kota Surakarta. Pertemuan kedua sampai dengan pertemuan keenambelas diisi dengan materi penyusunan proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan pembuatan artikel ilmiah yang dibimbing oleh Dr Sarwanto, M.Si dosen Program Pasca Sarjana Sains UNS dan Dr Muhammad Rohmadi, M.Hum dari PBS FKIP UNS.
Sebanyak 30 peserta guru mata pelajaran IPA khusunya IPA-Fisika baik sekolah negeri maupun swastta se-Surakarta bersemangat mengikuti kegiatan Bintek ini dan berhasil menyusun proposal PTK serta mempresentasikannya. Harapan pengurus MGMP IPA-2 selalu panitia dan penyelenggara semoga proposal yang telah tersusun dapat dilanjutkan pada penelitian dan penyusunan laporan. Untuk itu pengurus bersedia menfasilitasi guru-guru IPA-2 yang ingin mengadakan seminar hasil PTK seperti yang disampaikan oleh Dr Sarwanto, M.Si dan akan dipublikasikan di Jurnal Ilmiah Universitas Sebelas Maret (UNS).
Bintek ditutup oleh Nugroho, S.Pd, M.Pd,selalu pembina MGMP IPA SMP Kota Surakarta pada hari Selasa, 10 Desember 2013.

0 komentar :

Posting Komentar