Rabu, 31 Desember 2014

BINTEK PENINGKATAN KARIER PTK MELALUI MGMP IPA SMP KOTA SURAKARTA TAHUN 2014




Dalam rangka meningkatkan karier guru-guru mata pelajaran IPA SMP Kota Surakarta maka MGMP IPA yang diketuai oleh Drs Agus Siswanto (guru SMP Negeri 8 Surakarta) dengan pembina Nugroho, S.Pd,M.Pd (Kepala SMP Negeri 8 Surakarta) mengadakan Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan karier PTK dengan pola 80 jam selama 16 x pertemuan. Bintek ini terlaksana berkat bantuan dana dari Direktorat P2TK Dikdas Ditjen Kemdikbud Jakarta sebesar Rp 28 juta (dua puluh delapan juta rupiah) pada tahun 2014.

Kegiatan yang dilaksanakan sebanyak 16 x pertemuan dibuka pada hari Selasa, 25 November 2014 oleh Kepala Bidang PTK Dinas Dikpora Kota Surakarta, Drs H. Sulardi, M.Pd. Kegiatan sebanyak 16 x pertemuan dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat pada pukul 13.00  17.00 WIB.
Materi pada pertemuan pertama adalah Sosialisasi Kurikulum 2013 yang disampaikan oleh Drs Nur Rochmad, M.Pd selaku Pengawas Dinas Dikpora Kota Surakarta. Pertemuan kedua sampai dengan pertemuan keenambelas diisi dengan materi penyusunan proposal PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan pembuatan artikel ilmiah. Salah satu nara sumber pada materi penyusunan proposal PTK adalah Dr Rahayuningsih, M.Pd, guru SMK Muhammadiyah 4 Surakarta.


Sebanyak 30 peserta guru mata pelajaran IPA sekolah negeri maupun swasta se-Surakarta bersemangat mengikuti kegiatan Bintek ini dan berhasil menyusun proposal PTK serta mempresentasikannya. Harapan pengurus MGMP IPA selaku panitia dan penyelenggara semoga proposal yang telah tersusun dapat dilanjutkan pada penelitian dan penyusunan laporan. Untuk itu pengurus bersedia menfasilitasi guru-guru IPA yang ingin mengadakan seminar hasil PTK seperti yang disampaikan oleh pembina MGMP IPA SMP Kota Surakarta, Nugroho, S.Pd,M.Pd.

Bintek ditutup oleh Nugroho, S.Pd, M.Pd,selalu pembina MGMP IPA SMP Kota Surakarta pada hari Selasa,23 Desember 2014.



Penulis :
Siti Latifah, S.Pd,M.Pd
Sekretaris MGMP IPA SMP Surakarta
(Guru SMP Negeri 15 Surakarta)
HP. 081 329 229 682

0 komentar :

Posting Komentar